Buat Website Mudah dan Gratis

Teman-teman mungkin saat ini sedang ingin membuat website namun seringkali terkendala dari segi biaya dan skill dimana kebanyakan dari kita kurang mengerti bahasa pemrograman. Padahal kita semua tahu bahwa di jaman sekarang ini, sebuah website adalah wajib sifatnya untuk sebuah usaha di tengah persaingan global ini. Lantas apabila kita tidak memiliki budget yang cukup untuk membuat website maupun tidak punya kemampuan programming menjadi penghalan bagi kita untuk membuat website? Untungnya sekarang ada beberapa platform yang menolong kita dalam membuat website dengan mudah dan gratis. Berikut saya sertakan beberapa pilihan platform untuk membuat website yang dapat menjadi pertimbangan kita dalam membuat website sendiri:

1. Blogspot
Icon Blogger
Blogspot adalah sebuah platform membuat blog, dimana hampir tidak dibutuhkan bahasa pemrograman dalam membuat blog kita. Platform ini sering digunakan oleh para blogger (istilah sebutan untuk orang yang suka blogging) maupun orang yang ingin belajar menjadi blogger. Namun untuk menggunakan blogspot terkadang memang masih membutuhkan bahasa pemrograman sedikit untuk beberapa task-task tertentu seperti merubah tampilan website.

Cara menggunakan Blogspot cukup mudah, Anda tinggal mendaftar di blogspot.com menggunakan akun Google Anda, kemudian tinggal pilih nama domain *.blogspot.com, misal: namablog.blogspot.com. Kemudian dapat dipilih template/tema yang diinginkan dan Anda bisa mulai melakukan perubahan terhadap website blogspot Anda.

2. WordPress
Logo WordPress
WordPress adalah sebuah aplikasi open source populer yang digunakan sebagai mesin blog. Selain sebagai blog, wordpress juga sudah mulai digunakan sebagai CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Berbeda dengan blogspot, wordpress mengijinkan untuk menggunakan server Anda sendiri untuk mengelolanya, namun apabila Anda tidak mau repot bisa menggunakan server yang telah disediakan oleh WordPress dan menggunakan nama domain *.wordpress.com. Hampir sama dengan Blogspot, untuk merubah tampilan website masih diperlukan pengetahuan mengenai bahasa pemrograman HTML, CSS & Javascript.

3. Pekku
Logo Pekku
Pekku adalah platform untuk membuat website buatan Indonesia. Berbeda dengan Blogspot & WordPress yang awalnya dirancang untuk membuat blog, Pekku dirancang untuk memfasilitasi kita dalam membuat website bisnis seperti company profile website, maupun toko online.

Cara menggunakan Pekku sangat mudah, Anda tinggal mendaftar akun gratis di pekku.com dan pilih domain *.pekku.com dan pilih template yang sesuai dengan usaha Anda. Berbeda dengan Blogspot maupun WordPress, dengan menggunakan Pekku, Anda dapat mengubah tampilan website secara bebas tanpa menggunakan bahasa pemrograman apapun. Apabila Anda pernah menggunakan Photoshop, mungkin bisa dibayangkan menggunakan Pekku seperti Photoshop tapi untuk membuat website. Untuk tutorial cara membuat website dengan Pekku bisa dibaca disini: 4 Step Mudah Membuat Website Gratis dengan Pekku

Platform mana yang harus saya gunakan untuk website saya? Jawabannya adalah kembali lagi kepada kegunaan website yang ingin dibuat, apabila Anda ingin membuat blog maka gunakan Blogspot atau WordPress, namun apabila Anda ingin membuat company profile website ataupun toko online maka gunakan Pekku.